Pengertian Internet
I
|
nternet Menurut Ahmadi dan
Hermawan (2013:68), Internet adalah komunikasi jaringan komunikasi global yang
menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda sistem operasi dan
mesin. Menurut Termas Media, interconnection network (internet) adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet berasal
dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara". Internet
merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh
dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topologi jaringan yang
berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar
protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua
hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket
data dari satu komputer ke komputer lainya. Menurut Wikipedia,
Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan
standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol)
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang
terbesar ini dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini
dinamakan internetworking (antarjaringan).
Sejarah Perkembangan Internet
Pada abad ke 21, komputer menjadi
media yang sangat konvensional di dunia, terlebih dengan teknologi lain yang
ditanamkan di dalamnya yaitu jaringan internet. Jaringan internet adalah
jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia, sehinggga
informasi berbagai jenis dan dalam berbagai bentuk dapat dikomunikasikan antar
6 belahan dunia secara instan dan global Teknologi informasi telah membuka mata
dunia akan sebuah dunia baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah
jaringan bisnis dunia yang tanpa batas.
Disadari betul bahwa perkembangan teknologi yang
disebut internet, telah mengubah pola interaksi masyarakat, yaitu; interaksi
bisnis, ekonimi, social, dan budaya. Internet telah memberikan kontribusi yang
demikian besar bagi masyarakat, perusahaan /industri maupun pemerintah.
Hadirnya internet telah menunjang efektifitas dan efisiensi operasional
perusahaan, terutama peranannya sebagai sarana komunikasi, publikasi, serta
sarana untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah badan
usaha dan bentuk badan usaha atau lembaga lainnya.
Januari 1992 pengguna internet membentuk The Internet Society yang
mempromosikan internet. Tahun 1992 CERN dan MIT membentuk World Wide Web
Consortium (W3C) sebagai otoritas tunggal bagi pengguna WEB serta berwenang menetapkan
berbagai standar di dalamnya. Awal decade 90-an, WEB site (pusat informasi
berbasis HTML di Internet) hanya berjumlah sekitar 50 buah URL (Uniform
Resource Locator – system pengalamatan kios informasi di Internet) dan hanya
berisi teks saja.
Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996) : akhir 1990
telah berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu compute. Tahun 1992 host
kesatu juta terhubung ke internet dan tahun 1995 terdapat puluhan backbone,
ratusan jaringan menengah regional \, puluhan ribu LAN, jutaan host dan
pengguna. Pertumbuhannya mencapai 2 kali lipat setiap tahun (data penelitian
Paxton, 1996). Kini WEB adalah antar mika paling popular di internet yang mampu
menampilkan tidak hanya teks namun juga grafik (gambar, foto, animasi), suara,
video dan dimensi virtual (3D). diperkirakan di 3 akhir 1998 telah lebih dari
10 juta WEBsite dibangun dengan institusi pendidikan, bisnis, pemerintahan,
mdia massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100
juta.
Pengertian New Media ( Media Baru
Denis McQuail mendefinisikan new
media atau media baru sebagai perangkat teknologi elektronik yang berbeda
dengan penggunaan yang berbeda pula. Media elektronik baru ini mencakup
beberapa sistem teknologi seperti: sistem transmisi (melalui kabel atau
satelit), sistem miniaturisasi, sistem penyimpanan dan pencarian informasi,
sistem penyajian gambar (dengan menggunakan kombinasi teks dan grafik secara
lentur), dan sistem pengendalian (oleh komputer).
Ciri utama yang membedakan media baru
dengan media lama adalah desentralisasi (pengadaan dan pemilihan berita tidak
lagi sepenuhnya berada di tangan komunikator), kemampuan tinggi (pengantaran
melalui kabel atau satelit mengatasi hambatan komunikasi yang disebabkan oleh
pemancar siaran lainnya), komunikasi timbal balik (komunikasi)
Manfaat New Media
Jelas
new media (media baru/media online) memiliki kecepatan untuk melakukan sebuah
interaksi, lebih efisien, lebih murah, lebih cepat untuk mendapatkan sebuah
informasi terbaru dan ter-update informasinya. Kelemahannya pada jaringan
koneksi internet saja jika jaringan internet lancar dan cepat maka informasi
yang disampaikan kepada pembacanya dengan cepat serta harus ada juga koneksi
internet dimana pun berada bersama media baru (new media/media online). Media
online/media baru (New Media) masuk ke dalam kategori komunikasi massa, karena
pesan yang disampaikan kepada khalayak luas lewat media online / Media Baru
(New Media). Internet merupakan salah satu teknologi komunikasi baru juga
memiliki kemampuan untuk membantu kita memilih dan mengatur informasi yang kita
inginkan atau perlukan dengan lebih efisien. Secara garis besar, internet jauh
leih luwes dalam menjembatani waktu dan jarak dibandingkan media-media yang
sudah ada terlebih dahulu. Sebagai media komunikasi, internet mempunyai peranan
penting sebagai alat (channel) untuk menyampaikan pesan (message) dari
komunikator/penyalur pesan (source) kepada komunikan/penerima pesan (receiver).
Sifat
dari internet sebagai media komunikasi adalah transaksional, dalam artian
terdapat interaksi antar individu secara intensif (terus-menerus) dan ada umpan
balik (feedback) dari antar individu dalam setiap interaksi tersebut. Selain
itu, terdapat partisipasi antar individu dengan mempertimbangkan untung/rugi dalam
setiap interaksi. Internet juga dianggap memiliki kapasitas besar sebagai media
baru. Tidak hanya memperkecil jarak dalam mengkomunikasikan pesan, teknologi
komputer dan internet juga telah berkembang dan mengeliminasi penggunaan
koneksi kabel, namun tetap bias memfasilitasi taransmisi informasi yang snagat
cepat ke seluruh dunia (Bagdakian, 2004:114). Menurut Bagdakian, duplikasi dan
penyebaran matri dari Internet ini bisa mencapai jangkauan yang sangat luas.
Satu orang khalayak bisa mengunduh kemudian menyebarkannya pada orang-orang
dalam jaringan pertemanan atau jaringan kerjanya. Kemudian pihak yang
mendapatkan sebaran itu bisa menyebarkannya lagi pada orang-orang dalam
jaringannya, dan seterusnya.
Manfaat Internet Sebagai
New Media ( Media Baru ) ;
1 . Berfungsi menyajikan
arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
2. Sebagai media
transaksi jual beli. Kemudahan memesan produk melalui fasilitas internet ataupun
menghubungi customer service
3. Sebagai media hiburan.
Contohnya: game online, jejaring sosial, streaming video, dan lain sebagainya.
4. Sebagai sarana pendidikan
dengan adanya e-book yang mudah dan praktis. Bagi mahasiswa dan pelajar
penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran menjadi
jelas dan menarik, lebih interaktif, efisiensi waktu dan tenaga, memungkinkan
proses belajar bisa dilakukan dimana saja dan mengubah peran guru ke arah yang
lebih positif dan produktif.
Kelemahan
Internet Sebagai New Media (Media Baru) ;
1. Perasaan ketagihan
yang berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social
2. Mengesampingkan etika
berkomunikasi.
3. Membuat sebagian orang
apatis terhadap lingkungan sosialnya
4. Transaksi data dan
informasi pada dunia maya menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi.
Y
|
ouTube adalah portal atau
situs video sharing milik Google Inc. YouTube merupakan salah satu malah
merupakan yang terbesar di dunia maya. Jutaan video tersedia lengkap dan bisa
dilihat secara gratis. Mulai dari video amatir karya para pengguna YouTube yang
di upload, sampai dengan videovideo musik karya para produsen industri musik
dunia tersedia di portal YouTube ini. Era internet video memang tengah memasuki
jaman keemasannya. Pengguna internet lebih tertarik untuk menyaksikan beragam
informasi, baik itu berita ataupun hiburan, lebih asyik dilihat dalam format
video, karena lebih mudah untuk dicerna dan lebih mampu menggambarkan kondisi,
emosi dan cerita dengan lebih simple dibandingkan format tulisan atau gambar
sekalipun. Begitu tenarnya YouTube, bahkan telah dipakai sebagai barometer
popularitas bagi para artis dan selebriti dunia. Orang akan dengan mudahnya
menjadi populer hanya dengan mengupload video karyanya ke YouTube. Tentu kita
tidak lupa dengan berbagai popularitas yang ditimbulkan oleh portal video
YouTube ini, sebut saja nama Norman Kamaru atau Sinta dan Jojo, atau bahkan Ayu
Ting Ting. Pencarian seputar YouTube pun stabil cenderung naik setiap harinya,
diseluruh penjuru dunia, hampir di semua negara, kata kunci YouTube masuk dalam
jajaran keyword dengan pencarian terbanyak, belum lagi variasi kata kata nya
yang bisa mencapai puluhan juta, seperti misalnya Video YouTube Lucu, video
YouTube hantu, dan sebagainya.
Daftar Pustaka
Hery Nuryanto, S. (2012). Sejarah Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi. Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jawa Barat, Indonesia: PT. Balai Pustaka Persero.
Mahendra, Y. (2019, Agustus 3). Pengertian, Sejarah Internet. Retrieved from Kompasiana: https://www.kompasiana.com/yustinusmahendra/5d44f8e8097f366aaf0e64c5/pengertian-sejarah-dan-dampak-penggunaan-internet?page=all
Rahayu, B. S. (2015, Juli 13). Penggunaan New Media Sebagai Sarana Virtual Display Of Affection Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Penggunaan New Media Instagram Sebagai Sarana Virtual Display Of Affection Di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Usu). Retrieved from Konvegengsi Media: http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/48531
Permadi, D. G. (2010, November 16). Manfaat dan Kekurangan New Media. Diambil kembali dari dimbodim: http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar